Tuesday, October 2, 2007

Membangun Opini Publik dengan Kunjungan Wartawan


oleh:
Fransiska Ariantiningsih/YEL


Sebagai bagian dari upaya untuk memperluas pesan kampanye bangga melalui media baik cetak maupun elektronik sekaligus untuk lebih memperkenalkan keberadaan kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil kepada masyarakat luas, maka pada tanggal 7 – 9 September 2007, dilaksanakan kegiatan Jurnalis Visit. Kegiatan yang dilaksanakan di kecamatan Singkil dan kecamatan Kuala Baru ini diikuti oleh 10 wartawan yang terdiri dari wartawan media lokal dan media nasional.

Selama dua hari, wartawan diajak berkunjung secara langsung ke dalam kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil dan mengikuti rangkaian diskusi dengan masyarakat dan BKSDA. Di hari pertama, para jurnalis didampingi oleh Kepala BKSDA Seksi Wilayah II Aceh - Afan Absori ST, dan pemangku adat Kuala Baru – Panglima Uteun, diajak untuk mengenal dari dekat keindahan alam dan kekayaan keanekaragaman hayati yang terdapat dalam kawasan.

Walaupun tidak dapat bertemu dengan satwa kharismatik yang hidup dalam kawasan – orangutan sumatera (Pongo abelii), namun keindahan dan kekayaan keanekaragaman hayati yang dijumpai selama perjalanan telah menimbulkan kekaguman bagi jurnalis. Seperti diungkapkan oleh Wismi, wartawati Kompas, ketika ditanya pendapatnya oleh Pak Mukim, “Suaka Margasatwa Rawa Singkil adalah sebuah kawasan yang memiliki keindahan alam sekaligus keanekaragaman hayati yang begitu menakjubkan. Dalam berbagai perjalanan lapangan saya, hanya ditempat ini saya bisa menjumpai beragam tipe ekosistem dalam suatu wilayah”.

Selain berkunjung ke dalam kawasan suaka margasatwa, para jurnalis juga berkesempatan untuk mengekplorasi kehidupan masyarakat Kuala Baru, melihat Kasap - kerajinan sulam khas daerah ini. Selain itu juga mengunjungi daerah pertanian yang sedang dikembangkan oleh penduduk dari salah satu desa di kecamatan Kuala Baru.


Dalam kunjungan ke daerah pertanian yang berbatasan dengan suaka margasatwa ini, para jurnalis mendapatkan kejutan yang menyenangkan. Satwa endemik sumatera yang juga adalah maskot Kampanye Bangga Rawa Singkil, berkenan untuk menampakkan dirinya kepada rombongan wartawan yang sedang meninjau lokasi pertanian di desa Sukajaya. Sesaat penat dan panas yang dirasakan dalam perjalanan langsung menghilang berganti dengan rasa excitement yang begitu besar. Serentak berbagai peralatan dokumentasi yang ada terarah untuk merekam setiap gerakan dari satwa kharismatik ini. Dan siang itu, mata serta kamera para wartawan yang ikut serta dalam Jurnalis visit ini terpuaskan oleh aksi si Abel.

Kegiatan diskusi yang dilaksanakan selama jurnalis visit ini juga menjadi ajang curhat dan tanya jawab antara pihak – pihak terkait seperti masyarakat dan BKSDA, dan Bapedalda. Isu yang didiskusikan antara lain permasalahan tata batas kawasan Suaka Margasatwa Rawa Singkil dan pembuatan jalan lintas Singkil – Kuala Baru. Melegakan menyaksikan dialog yang mulai terbuka antara masyarakat dan BKSDA!
(Berbagai media cetak dan radio lokal, telah memuat dan menyiarkan hasil kunjungan wartawan ini)

No comments: