Thursday, January 24, 2008

GALESTO” bernyanyi untuk mendukung pelestarian Hutan Seulawah

Oleh:
Cut Meurah Intan - Yayasan MAPAYAH

Kelompok Musik “Galesto” mengeluarkan single perdananya berjudul “Hutanku Hutanmu Jua, Selamatkan Dia”. Lagu ini dibuat sebagai upaya menggalang dukungan masyarakat Saree dan Jantho terhadap kelestarian hutan Seulawah dalam Kampanye Bangga Melestarikan Alam. Lagu ini merupakan satu dari 4 buah lagu bertemakan pelestarian hutan yang akan diluncurkan pertengahan Januari 2008. Kegiatan Kampanye Bangga ini didukung sepenuhnya oleh USAID melalui program pelayanan jasa lingkungan ESP, Rare, serta Masyarakat Lembah Seulawah & Kota Jantho.

GALESTO - terdiri dari Restu, Erwin, Agus, Azmi, Nita, Nidia, Ola, Imel, Tia, dan Srie- merupakan pelajar SMA yang dikenal memiliki bakat seni musik di sekolah mereka di Kecamatan Lembah Seulawah dan Kota Jantho. Galesto difasilitasi oleh Mapayah Foundation sebagai bagian dari kegiatan Kampanye Bangga Melestarikan Alam. Lagu-lagu yang dibawakan dalam album ini mencoba menjangkau masyarakat luas mengenai peran penting hutan terhadap ketersediaan air bersih. Semua lagu di dalam album ini diciptakan sendiri oleh GALESTO, terinspirasi dari kondisi hutan yang ada di sekitar mereka. Galesto berharap lagu ini mampu membangkitkan semangat masyarakat untuk melestarikan hutan, karena semua orang tahu bahwa hutan adalah sumber kehidupan. Srie Aprilia, salah seorang anggota GALESTO secara khusus mengharapkan “semoga pendengar lagu ini sadar bahwa menghancurkan hutan sama dengan menghancurkan diri kita sendiri”.


Kampanye Bangga ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di Kawasan Ekosistem Seulawah melalui perbaikan pengetahuan, sikap, dan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan. Upaya pelestarian hutan tidak mungkin dilakukan secara sendiri-sendiri namun harus muncul sebagai sebuah gerakan bersama sehingga masyarakat Naggroe Aceh Darussalam, terutama Kec. Lembah Seulawah dan Kota Jantho dapat terus menikmati manfaat hutan saat ini dan di masa yang akan datang.

No comments: