Tuesday, June 5, 2007

Bersih Hutan bersama Sambak Nature Club

oleh Panji Anom (YBL Masta)

Konservasi berarti menyelamatkan kehidupan dengan mempertahankan keseimbangan alam dan mengangkat peran serta banyak orang untuk menjalankannya. Peran ini diharapkan membawa dampak dalam wujud aksi bersama untuk melestarikan alam.

Salah satu aksi bersama yang dilakukan 20 Mei 2007 adalah kegiatan “Bersih Hutan - Kampanye Bangga Melestarikan Alam” . Kegiatan ini diorganisir secara bersama antara Sambak Nature dan YBL Masta, tentunya dengan dukungan pendanaan ESP/USAID. Kegiatan ini hampir saja tertunda karena terlambatnya administrasi pendanaan ... namun the SHOW MUST GO ON! Dengan semangat perjuangan '45 juga semangat menyelamatkan hutan Potorono yang masih tersisa, segala daya upaya dikerahkan, sehingga kegiatan dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan.


Lebih dari 150 peserta yang berasal dari beberapa desa dan kecamatan baik dari kecamatan Kajoran, Kecamatan Salaman, Kecamatan Borobudur, Kecamatan Kaliangkrik bahkan juga peserta yang berasal dari Kecamatan Kepil kabupaten Wonosobo turut andil dalam kegiatan ini.


Remaja, anak-anak, ibu-ibu, bapak-bapak dengan semangat dan gembira berjalan-jalan di kawasan hutan di Desa Sambak. Tidak hanya sebatas jalan-jalan, para peserta juga melakukan aksi dialog dan diskusi dengan memanfaatkan factsheet Pride. Bahkan, factsheet ini juga dibacakan melalui pengeras suara untuk menyambut para peserta yang baru keluar dari hutan. Hari ini semua gembira dan juga bertambah semangat .....

















Naaaah, ini dia factsheet yang menjadi trend topik pembicaraan saat ini ...

Kegiatan ini akan terus dilanjutkan dengan pelibatan segmen-segmen masyarakat yang lain, termasuk ke sekolah-sekolah.

1 comment:

Jes Putra Kluet said...

Seulamat, Uteun Ta Jaga, Rakyat Seujahtra