Tuesday, April 8, 2008

Project Plan Hutan Lindung Sungai Lesan

oleh: Ebe Agustina - TNC Berau


Project Plan Pride Campaign Lesan adalah dokumen akademik/ilmiah yang disusun sebagai panduan perencanaan operasional program kampanye di kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan. Project plan yang bisa diartikan sebagai ‘peta jalan (map road)’ telah disusun Ebe Agustina didukung anggota team The Nature Conservancy Program Terrestrial Kalimantan Timur lainnya. Penyusunan project plan yang dilakukan sekitar 3 minggu di bulan Februari 2008 ini disupervisi penuh Manager Course RARE Indonesia Hari Kushardanto.


Secara garis besar, project plan pride campaign Lesan terdiri dari penilaian kawasan (site assesement); analisa persepsi atau KAP (knowledges, attitude, practice) target audience; sasaran, detil kegiatan dan strategi pencapaian sasaran serta indikator pencapaian dan rencana pemantauan. Agar pencapaian sasaran konservasi di Lesan bisa tercapai sebagaimana yang dituliskan alam project plan ini, maka langkah selanjutnya project plan yang telah disusun ini dalam tahapan proses konsultasi dan sosialisasi dengan berbagai divisi di internal TNC, Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Lesan serta pihak-pihak yang terkait. Bagaimana pun, program pride campaign yang bisa dilihat logical frame-nya dalam project plan adalah program yang terintegrasi dengan program yang lain. Dimana, harapannya dukungan terhadap konservasi di kawasan Hutan Lindung Sungai Lesan akan meningkat dan semakin kuat.




Beberapa tahapan telah dilalui untuk mendapatkan informasi dalam mengembangkan project plan ini. Diantaranya adalah: pertemuan stakeholder, diskusi kelompok terfokus dan survei pra-kampanye.





(Keep smiling ya Be .... :) )

No comments: